Salam semangat sobat kodingers π semoga selalu dalam keadaan semangat yang menggebu - gebu untuk ngoding yaa π. Yup kami kembali lagi dengan materi baru tentunya tak kalah menarik dari postingan - postingan sebelumnya π. Kali ini kami akan membahas tentang graph. Kira - kira seperti apa ya graph itu? π. Langsung saja yuk kita simak π.
Graph
Sebelum kita bahas lebih lanjut, perhatikan gambar huruf a - e yang saling berhubungan di atas. Bagaimana setelah kalian melihat gambar di atas? Terbesitkah di benak kalian bagaimana ya caranya untuk menuliskan algoritma pemrogramannya ke dalam ex. Pyhon? Bagaimana juga ya cara mengetahui ada berapa jalur alternatif yang lebih singkat untuk di lewati?
Sebelum kita melihat algoritmanya, perlu diperhatikan definisi graph secara singkat ialah metode pemetaan data dengan memberikan informasi pada kumpulan titik (node) yang dihubungkan dengan segmen garis. Titik atau node disebut verteks, sedangkan segmen garis disebut dengan ruas (edge).
Algoritma pemrograman yang diimplementasikan ke dalam bahasa Pyhton beserta penjelasannya (disetiap baris code) bisa di perhatikan gambar di bawah ini :
Algoritma all_path (seluruh jalur keseluruhan)
Algoritma shortest_path (jalur alternatif)
Algoritma menampilkan semua jalur
Pembentukan graph dan pemanggilan
Output dari graph di atas
Sekian materi graph yang bisa kami sampaikan, mohon maaf apabila terdapat kekeliruan dalam pengetikan algoritmanya, kami menerima saran dari kalian langsung saja komentar di kolom komentar di bagian bawah postingan ini π. Sampai jumpa di lain kesempatan ya sob. See youuu π.
0 komentar:
Posting Komentar